Blogger templates

Sayonara KIR.....



Sayonara KIR.....

Hari ini, minggu 26 Januari 2014 adalah hari yang mendebarkan bagi siswa – siswi kelas 8 SMPIT Al Uswah. Bagaimana tidak ? hari ini mereka harus berjuang untuk mempresentasikan hasil KIR mereka. Berbagai persiapan pun dilakukan, ada yang masih membuat powerpoint, ada yang latihan presentasi dihadapan masing – masing pembimbing mereka. Bahkan ada juga di antara mereka yang menghafal materi KIR mereka yang akan dipresentasikan . selain itu ada jga lho, dari sebagian mereka yang masih disibukkan dengan print – mengeprint, yang seharusnya tahap ini mereka selesaikan di hari jum’at kemarin. Tapi ya gimana lagi, memang gak ada peraturan mengikat yang mengharuskan mereka untuk selesai dihari itu juga. Atau bahkan ada revisi ulang yang diajukan pembimbingnya.

Terkait presentasi KIR hari ini, siswa – siswi dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok A dan kelompok B. Kelompok A yang terdiri dari 31 siswa – siswi adalah kelompok yang terdiri dari seluruh KIR yang mengambil tema IPS, dan sebagian IPA. Sedangkan untuk kelompok B yang tersdiri dari 31 siswa – siswi merupakan kelompok yang  mengambil IPA sebagai temanya.
Dikelompok  A ada ustad Najib dan Ustadzah Niha sebagai tim penguji. Nah dikelompok ini siswa – siswi harus berhati - hati, karena kedua penguji sangat tajam dan terkenal dengan kekritisannya.  Lain kelompok A lain pula kelompok B, kelompok B yang secara keseluruhan adalah anak – anak IPA pengujinya pun sengaja didatangkan dari pakarnya. Ialah ustadzah Reni dan ustad Faisal, beliau berdua ini adalah orang – orang yang detil untuk masalah penelitian – penelitian ini.  Bisa – bisa tulisan anda yang kurang teliti, akan dicoret langsung oleh beliau. Hem....
Ada yang unik dari prensentasi kali ini, pembukaan dan penutupan dalam presentasi KIR ini harus menggunakan bahasa inggris, sehingga mau tidak mau mereka juga harus menghafal teks tersebut. Ada juga lho, yang bahasa inggrisnya belepotan saat presentasi tadi. Hehe.... gak apalah, bisa dimaklumi namanya juga pengalaman pertama.
Keteka presentasi tadi, Ada seorang anak yang salah dalam eksperimentnya menurut tim penguji (ustazah Reni). Kemudian oleh ustadzah reni, siswa tersebut disuruh untuk mengulang kembali ekserimentnya. Nah lo, kelau sudah kayak gini bingung kan ?
Oke buat teman – teman yang masih dalam masa penantian prensentasi semangat ya.... dan untuk teman – teman yang harus merevisi KIR nya, kerjakan dengan penuh kesungguhan. Ingat bahwa segala sesuatu itu butuh proses. Dan perjalanan proses itulah yang memuat berbagai pelajaran dan hikmah.


Salam, Sholih, Sehat, Cerdas, Berkarakter ! ! !

   

0 komentar: