Blogger templates

OH [OPEN HOUSE] MERIAH !!



OH (OPEN HOUSE) MERIAH !!
Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan suasana OH tahun ini yang diadakan sabtu, 18 Januari 2014. Betapa tidak ? OH kali ini dikemas dengan acara yang beda dari tahun – tahun sebelumnya. Kalau dulu tidak ada penampilan – penampilan istimewa dari siswa – siswi SMPIT  Al Uswah Tuban, kali ini semuanya berubah. Berbagai penampilan yang serba wahhh dari siswa – siswi SMPIT Al Uswah Tuban ikut meramaikan suasananya. Katakan saja penampilan dari si hebat yaitu tim Perkusi, siapa yang gak kenal personil tim Perkusi “Kandang Teladan” dengan segala kehebatannya nabuh peralatan, yang bisa membuat para penikmatnya merinding , terkagum – kagum dan bersorak – sorai. Tidak cukup disitu saja berbagai penampilan nasyid dari beberapa tim nasyid juga ikut ditampilkan. Penampilan tim nasyid pun tidak kalah kerennya dengan perkusi kandang teladan, suara yang merdu dan karisma yang begitu melekat pada tim uswah voice dan easy voice ini menambah ramai suasana OH tahun ini. Bahkan master of ceremony pun didatangkan dari siswi yang notabene sholih, sehat, cedas, berkarakter. Yup,,, karena MC kita membawakan susunan acara dalam tiga bahasa yang khas di Al Uswah Tuban ini, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab, semuanya terangkum dengan satu kata “ Meriah”.
Kemeriahan Open House tahun ini tidak berhenti sampai disini saja, bahkan partisipasi wali murid begitu besar. Wali murid yang tergabung dalam POMG (Pertemuan OrangTua Murid Guru) ini melakukan acara Baksos ditengah ramainya Bazar, yaitu dengan menjual sembako murah diantaranya barang yang dijual adalah minyak goreng, gula, mie instan. Ketiga barang ini bisa didapat masyarakat dengan harga murah. Selain itu, OH tahun ini banyak juga wali murid yang membuka bazar dengan beraneka ragam produk misalnya saja ada beberapa wali murid perwakilan dari POMG kelas 7 B dengan membuka bazar yang tidak hanya satu produk diantaranya adalah jamu jawa, produk olahan ikan yang rendah lemak, dan sangat aman untuk dikonsumsi tubuh, tidak menyebabkan kolesterol ataupun jantung koroner, kaos sablon,  dan masih banyak lagi  yang lainnya.
Hingar bingar kemeriahan OH tidak cukup sampai disitu saja, yang tidak kalah serunya lagi adalah peserta dari OH sendiri, berbagai lomba yang diadakan dan peminatnya pun banyak bahkan sangat antusias, terutama pada lomba tahfidz. Ditahun lalu tahfidz diikiti oleh sedikit peserta tapi kali ini peserta tahfidz yang terbanyak setelah lomba MIPA. Bahkan ada peserta yang tergolong langka yaitu peserta tahfidz dari MIM 10 Cumpleng kelas dua. Peserta ini tergolong sangat unik dengan usianya yang tergolong masih belia tapi sudah mampu menghafal juz 30, Subhanallah.
Lomba yang paling diminati tahun ini yaitu MIPA dengan peserta terbanyak. Lomba MIPA dikemas dengan bentuk seperti Ranking 1, yaitu semua peserta diberi soal dan peserta yang jawabannya salah tidak bisa melaju ke babak selanjutnya. Dan akhirnya diambil 2 peserta dibabak final dengan duel praktikum. Praktikum yang dilakukan dibabak ini adalah penerapan hukum archimedes yaitu memasukkan telur dalam gelas yang berisi air yaitu telur yang pertama direbus dan telur yang tidak direbus, setelah dimasukkan dalam air kemudian gelas tersebut diberi garam sebanyak empat sendok, nah dari sini apa yang akan terjadi ? seperti itulah bentuk lomba MIPA. Dari babak final ini akhirnya didapat peserta yang unggul dari yang lainnya yaitu peserta atas nama Lathifatuz Zahroh dari MI Muhammdiyah Cendoro.
Yang tidak kalah cetar membahana dari sekian lomba ini adalah, lomba DA’I kecil, dilomba PILDACIL, ada satu peserta yang menyedot perhatian audience yang berasal dari MI Mahammadiyah Cendoro juga dengan nama Tazkiyah Nufuz, adek kecil ini begitu lantang dalam berpidato dengan suara yang tegas rujukan hadist dan al qur’an yang tepat dan bobot pidatonyapun mantap. Subhanallah.... dua jagoan dari Cendoro sudah unggul.....
Dari sekian acara yang seru ada satu kegiatan lagi yang sangat seru dan ditunggu – tunggu oleh siswa – siswi SMPIT Al Uswah Tuban yaitu “Business Day”. Business Day ini adalah serangkaian dari kegiatan Open House yang mana anak – anak belajar menjadi enterpreuner yang tidak hanya sholih tapi juga juga berjiwa matang dalam berbisnis. Anak – anak dibentuk kelompok, di mana masing – masing kelas terdapat dua kelompok, dan masing – masing kelompok harus punya produk unggulan untuk ditawarkan kepada masyarakat dengan batas maksimal modal sebesar Rp. 300.000,00, dengan modal tak lebih dari sekian anak – anak diharapkan bisa meraup untung yang sebesar – besarnya. Di OH tahun ini banyak seakli produk yang ditawarkan anak – anak kepada masyarakat. Diantaranya perwakilan dari kelas 7 B kelompok 1 menjual rujak, batagor, dan es kopyor. Lain lagi dikelompok 2 mereka menjual lontong isi, dan juga burger nasi uduk. Barang yang mereka jual memang tergolong langka. Lain kelas tujuh lain lagi kelas delapan, produk yang ditawarkan juga beragam ada yang jual rolade tahu, ada juga yang jual puding, nasi jagung dan belut yang mereka kenal dengan “cemplon”, nama yang unik. Sedangkan produk yang ditawarkan kelas sembilan yaitu ada yang menjual es ganja, eits....tapi jangan negatif dulu ya. Es ganja disini bukan ganja yang haram (na’udzubillah) tapi es degan yang dimodifikasi dengan memberi campuran sirup merah didalamnya. Selain itu ada juga yang jual cekiwir. Nama yang aneh bukan ? sama, saya pun merasa aneh mendengarnya. Penganan cekiwir ini dibuat dari biskuit yang kemudian digoreng dengan ditambahkan tepung dan telur, hehe.... anak yang kreatif. Nah itu adalah serba –serbi dari serangkaian kegiatan Open House tahun ini.
Diakhir acara penutupan Open House kali ini panitia sudah menyeting sedemikian rupa supaya peserta lomba tidak jenuh dan bosan ketika menunggu pengumuman pemenang lomba. Yaitu dengan memberikan hiburan yang lagi – lagi menampilkan jagoan – jagoan sholih Al Uswah. Diantaranya dengan hiburan perkusi oleh tim perkusi kandang teladan, dan juga tim nasyid Uswah Voice dan Easy Voice. Penampilan mereka lagi – lagi menyedot perhatian penonton. Sampai – sampai ketakjuban mereka di buktikan dengan merekam atau mengambil jepretan gambar artis kita. Disela – sela hiburan panitia juga menyelipkan pemberian DOORPRICE kepada anak – anak peserta lomba. Sehingga mereka semakin senang dan menikmati rangkaian  demi rangkaian kegita Open House tahun 2013 – 2014 ini. Setelah acara selesai diadakan kerjabakti yang dilakukan semua jajaran ustad/ustadzah tanpa kecuali dan seluruh siswa – siswi SMPIT Al Uswah Tuban. Subhanallah kerjasama yang apik yang senantiasa dijaga dan dipupuk untuk mewujudkan generasi Al Uswah yang lebih mandiri dan bekerjakeras. 
Kesuksesan Open House kali ini tidak lepas dari jerih payah panitia, anak – anak OSIS dan juga seluruh siswa- siswi SMPIT Al Uswah Tuban, bahkan Wali Murid. Dengan kerja keras dan kerjasama tim maka, hasil yang didapatpun akan memuaskan. Alhamdulillah.


Salam Sholih, Sehat, Cerdas, Berkarakter.

0 komentar: