Blogger templates

Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Guru dengan Supervisi



Di abad sekarang ini,  yaitu era globalisasi dimana semuanya serba digital, akses informasi sangat cepat dan persaingan hidup semakin ketat, semua bangsa berusaha untuk meningkatkan sumber daya manusia. Hanya manusia yang mempunyai sumber daya unggul dapat bersaing dan mempertahankan diri dari dampak persaingan global yang ketat. Termasuk sumber daya pendidikan yang meliputi ketenagaan, dana, sarana dan prasarana.

Guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya. Sehingga upaya meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari aspek “guru” dan tenaga kependidikan lainnya yang menyangkut kualitas keprofesionalannya maupun kesejahteraan dalam satu manajemen pendidikan yang professional.
Ada dua metafora untuk menggambarkan pentingnya pengembangan sumber daya guru. Pertama, jabatan guru diumpamakan dengan sumber air. Sumber air itu harus terus menerus bertambah, agar sungai itu dapat mengalirkan air terus-menerus. Bila tidak, maka sumber air itu akan kering. Demikianlah bila seorang guru tidak pernah membaca informasi yang baru, tidak menambah ilmu pengetahuan tentang apa yang diajarkan, maka ia tidak mungkin memberi ilmu dan pengetahuan dengan cara yang lebih menyegarkan kepada peserta didik.
Kedua, jabatan guru diumpamakan dengan sebatang pohon buah-buahan. Pohon itu tidak akan berbuah lebat, bila akar induk pohon tidak menyerap zat-zat makanan yang berguna bagi pertumbuhan pohon itu. Begitu juga dengan jabatan guru yang perlu bertumbuh dan berkembang. Baik itu pertumbuhan pribadi guru maupun pertumbuhan profesi guru. Setiap guru perlu menyadari bahwa pertumbuhan dan pengembangan profesi merupakan suatu keharusan untuk menghasilkan output pendidikan berkualitas. Itulah sebabnya guru perlu belajar terus menerus, membaca informasi terbaru dan mengembangkan ide-ide kreatif dalam pembelajaran agar suasana belajar mengajar menggairahkan dan menyenangkan bagi guru lebih-lebih bagi peserta didik.
SMPIT AL USWAH Tuban salah satu lembaga Pendidikan Islam Terpadu yang cukup memperhatikan akan pentingnya supervisi guru ini. Sebuah sekolah yang mempunyai harapan besar agar para tenaga pendidiknya menjadi orang-orang yang haus ilmu dan kreatif serta inovatif dalam mengajar dan mendidik siswa. Sehingga dengan itu semua anak didik-anak didik yang dihasilkanpun akan menjadi mereka yang cerdas dan kreatif pula. Tidak lelah-lelahnya bapak direktur dan kepala sekolah di jenjang ini selalu memberikan kritikan dan masukan positif demi kemajuan mutu dan kwalitas pendidik. Beberapa pelatihan-pelatihan terkait kependidikan pula sering diberikan. Jelasnya, tidaklah manusia khususnya pendidik merasa cukup atas apa yang sudah dimiliki. Selalu dan teruslah belajar dan membaca untuk bisa menjadi pendidik-pendidik yang berwawasan tinggi wujudkan generasi cerdas penuh kreasi berlandaskan ajaran-ajaran islami. (Neha Bhasya)

0 komentar: