Blogger templates

Makna Kemerdekaan di Bulan Agustus



Bulan Agustus sangatlah identik dengan beragam kegiatan. Diantaranya Upacara Bendera 17 Agustus, berkumandangnya    lagu   Indonesia   raya,   detik‐detik   Proklamasi, gelora   salam   merdeka,   berkobarnya semangat persatuan, panjat pinang, lomba makan kerupuk, hiburan musik dan perlombaan olahraga. Semua itu sebagai kegiatan mengisi hari kemerdekaan.

Rakyat Indonesia  sangatlah menjunjung  tinggi arti kata kemerdekaan  yang patut diperingati setiap tahunnya sebagai bentuk rasa bersyukur atas segala yang bias dinikmati sampai saat ini. Kalau sedikit  mengingat masa lalu, para  pejuang  dulu berani  mempertaruhkan  nyawanya  hanya  untuk  membela  negara  Indonesia  agar terbebas  dari  segala  penjajahan. Dengan  semangat  seluruh  tumpah  jiwa  raganya  hanya  untuk  kemerdekaan  rakyat Indonesia. Dan saat ini sebagai generasi penerus bangsa, hanya tinggal menikmati dan mengisi kemerdekaan ini dengan apa yang sudah didapatkan dalam arti menjadi orang yang tangguh, bekerja keras, ikhlas, jujur, cerdas, bermanfaat untuk keluarga, lingkungan dan menjadi pemuda pemudi harapan bangsa.

Sholih, sehat, cerdas, berkarakter…sebuah selogan yang slalu di gembor-gemborkan siswa siswi SMPIT AL USWAH Tuban. Disitulah salah satu bentuk sekolah untuk menumbuhkan jiwa kemerdekaan dan menjaga serta menghargai perjuangan para pahlawan. Dengan harapan mereka siap meneruskan estafet perjuangan para pahlawan Indonesia dengan jiwa dan karakter baik. Oleh itu, tidak ayalnya juga kalau di hari itu (ahad, 17 agustus 2014) teman-teman di SMPIT AL USWAH Tuban, ikut serta memperingati dan meramaikan hari kemerdekaan tersebut. Dengan serangkaian kegiatan yang cukup menghibur dan menggugah semangat kemerdekaan pada diri mereka. Nyanyian-nyayian kemerdekaan terdengar kompak dan menjiwa yang senantiasa mengiringi beberapa perlombaan  yang dilaksanakan. Mulai dari lomba futsal, baksodor, pukul air dan lain sebagainya.  Tidak ketinggalan pula, tepatnya hari kamis, 4 september 2014 sekolah mengikuti kegiataan karnaval yang diselenggarakan oleh desa di sekolah kami tinggal (Ds. Sugiharjo). Sekalipun pelaksanaan sudah di luar bulan agustus namun semangat dan kemeriahannya tidak mengalahi yang sebelum-sebelumnya. Penampilan dengan nuansa kewali songoan dan para pahlawan membuat anak-anak semakin percaya diri.

Perlu kita ketahui…meskipun  banyak  hal yang membuat  kemerdekaan  Indonesia  ternodai  oleh hal yang tidak terpuji,  tapi jangan sampai   kehilangan   makna   kemerdekaan   itu   sendiri. Makna   kemerdekaan   adalah   merupakan   awal terwujudnya  mimpi  membangun  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  untuk  kesejahteraan  rakyat.  Menjaga keamanan seluruh warga dalam lindungan Allah SWT dan sistem hukum yang adil dan kokoh. Lebih penting lagi adalah keseriusan  serta keberanian  dalam menempuh  jalan pembangunan  yang akan berdampak  luas dan positif bagi bangsa Indonesia. Allahu Akbar (Neha Bhasya)

0 komentar: